Pramuka Saka Kalpataru Gelar Masa Orientasi 2020

Petaling_Kwarcab Bangka menyelenggarakan Orientasi Saka Kalpataru cabang Bangka 2020 bertempat di Lokasi Sekolah Alam Langit Biru, Petaling Kab. Bangka. Kegiatan yg diselenggarakan pada hari sabtu – minggu (12-13 September 2020) ini dimaksudkan untuk memberikan pengenalan tentang saka Kalpataru yg terdiri dr 3 krida yaitu Krida 3R, Krida Perubahan Iklim dan Krida konservasi dan keanekaragaman hayati. Kegiatan ini dipesertai oleh calon saka Kalpataru tahun 2020 yg merupakan angkatan kedua saka Kalpataru cabang Bangka.

Peserta pramuka dari berbagai SMA / SMK  yang ada di Kabupaten Bangka berjumlah 29 orang akan menerima materi orientasi saka Kalpataru dari berbagai narasumber antara lain dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Kabupaten Bangka, dari pelaku/ perintis pecinta Lingkungan, pamong saka dari Kwarcab sebelum mereka selanjutnya akan dilantik menjadi anggita saka Kalpataru pada tgl 13 September 2020.

Disampaikan oleh Kasi Peningkatan Kapasitas LH, Fianda RW, SKM, M.Si selaku pinsaka Kalpataru tingkat daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada saat memberikan materi pertama kepada para calon anggota saka Kalpataru bahwa adik-adik yang hadir disini harus tau dan yakin apa yang menjadi motivasi mereka bergabung dalam pramuka dan saka Kalpataru. Selain memberikan pengenalan tentang 3 Krida saka Kalpataru yang dikaitkan dengan isu lingkungan yang ada baik di daerah, nasional maupun didunia.

Fianda juga mengharapkan agar pramuka saka Kalpataru bisa menjadi influencer bagi teman sebaya, anggota keluarga, masyarakat untuk menyadari betapa pentingnya kita semua ikut dalam upaya perlindungan dan pengelolaan Lingkungan Hidup sebagaimana yg diamanatkan dalam UU 32 tahun 2009. Melalui pramuka Kalpataru juga diharapkan semangat dasa dharma dapat menjadi landasan untuk mewujudkan pramuka yg tangguh, kreatif, disiplin, bertanggungjawab dan selalu bersemangat menjadi penggerak bersama membantu upaya pemerintah menjaga, melindungi dan melestarikan lingkungan hidup sesuai dengan pasal 4 undang2 RI no 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.

Hadir pada saat upacara pembukaan adalah beberapa unsur dari masyarakat Petaling, pendiri Sekolah Alam Langit Biru, Babhinkamtibmas, Babinsa dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi dan Kabupaten Bangka.

Sumber: 
DLH
Penulis: 
Ratna
Fotografer: 
Tim saka kalpataru
Editor: 
Fianda
Bidang Informasi: 
DLH