Perlunya KLHS Dalam Penyusunan RPJMD

Pangkalpinang- Sebagai tindak lanjut surat Sekretaris Bangka Nomor:050.13/4726/Bappeda-O/2020 perihal penyampaian dan pembahasan KLHS Perubahan RPJMD Kabupaten Bangka 2019-2023. Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui tim validasi mengadakan rapat pembahasan dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) perubahan RPJMD Kabupaten Bangka 2019-2023 di ruang rapat DLH Babel, Rabu (21/10/20).

Kepala Bidang Tata Lingkungan, Yurismansyah mengatakan pembahasan Penyusunan Dokumen RPJMD Perubahan Kabupaten Bangka harus sesuai dengan aturan penyusunan KLHS yang terdapat pada Permendagri No.7 Tahun 2018 Tentang Pembuatan dan Pelaksanaan KLHS dalam Penyusunan RPJMD  sebelum dilakukan asistensi pra validasi dan proses Validasi KLHS RPJMD Perubahan Kabupaten Bangka.

‘Dimana KLHS merupakan salah satu tahapan awal dari seluruh tahapan besar penyusunan rencana pembangunan daerah untuk lima tahun kedepan dan pendekatan strategi jangka panjang pengelolaan lingkungan menuju pembangunan berkelanjutan”

Pada kegiatan ini dilakukan penelaahan dokumen yang disampaikan kepada Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telaahan secara umum dan telaahan secara teknis serta dibuat berita acara dan akan disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Bangka.

Hadir dalam kesempatan tersebut, anggota tim validasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan sejumlah masukan disampaikan oleh anggota tim validasi. Adapun masukan yang disampaikan perlu adanya perbaikan dokumen perubahan KLHS RPJMD Kabupaten Bangka 2019-2023.

 

Sumber: 
DLH
Penulis: 
Ratna
Fotografer: 
Ratna
Editor: 
Edwin Setiady
Bidang Informasi: 
DLH