Komisi III DPRD Kabupaten Bangka Tengah Sharing Mengenai Pengelolaan Sampah di TPA

Pangkalpinang- Komisi III DPRD Kabupaten Bangka Tengah Rabu (18/6/2020) melaksanakan kunjungan kerja ke Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kepuluan Bangka Belitung. Kunjungan ini dihadiri, Kepala Dinas, Sekretaris, Kepala Bidang P3KLH Dinas Lingkungan Hidup Babel beserta staf dan Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bangka Tengah, Era Susanto beserta anggota Komisi III DPRD Kabupaten Bangka Tengah di Ruang Rapat Kantor Dinas Lingkungan Hidup Babel.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bangka tengah, Era Susanto mempertanyakan mengenai pengetahuan tentang sampah dan bagaimana mengelola sampah dengan baik. Era menginginkan bagaimana caranya bank sampah ini bisa diterapkan semaksimal mungkin karena sangat bermanfaat bagi masyarakat dimana bisa membuat lingkungan lebih bersih, menyadarkan masyarakat akan pentingnya kebersihan, dan membuat sampah menjadi barang ekonomis.

Era Susanto menginginkan dan mengajak Dinas Lingkungan Hidup Babel bersama-sama menumbuhkan kesadaran masyarakat bahwa membuang sampah sembarangan tidak baik.

Menanggapi hal tersebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjelaskan Pemerintah Provinsi sangat mendukung penanganan sampah untuk mengelola sampah diantaranya dengan membangun bank sampah di sejumlah Kelurahan, RT dan RW. Untuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA) regional, Provinsi sifatnya menunggu dukungan dari Kabupaten/ Kota baik lokasi maupun sarpras lainnya sehingga Provinsi bisa menindaklanjuti dengan penetapan dan pengembangan lebih lanjut.

Dimana sumber utama penetapan TPA Regional harus Kabupaten/ Kota terlebih dahulu baru Provinsi dapat bergerak. Lokasi TPA Regional terlebih dahulu ditetapkan oleh Kepala Daerah, kemudian antar daerah yang akan memanfaatkan TPA tersebut dan harus ada kesepakatan.

Eko menjelaskan Bidang Pemeliharaan Lingkungan Hidup, Pengelolaan Sampah dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup adalah yang menangani masalah sampah dan peningkatan kapasitas lingkungan hidup dan sebelum masa covid 19 banyak program dan kegiatan yang akan dilaksanakan namun harus direfocusing anggarannya sehingga realisasi kinerja menjadi sangat terbatas.

Sementara Kabid Pemeliharaan LH, Pengelolaan Sampah dan Peningkatan Kapasitas LH, Mega Oktarian mengatakan terkait bank sampah, di Kabupaten Bangka Tengah terdapat 14 Bank sampah yang aktif dan Provinsi juga mempunyai bank sampah untuk mengakomodir sampah dilingkungan Pemerintah Provinsi dan masyarakat umum dengan bekerja sama dengan pengepul di desa Benteng.

 

Sumber: 
Dinas Lingkungan Hidup
Penulis: 
Ratna
Fotografer: 
Ratna
Bidang Informasi: 
DLH