Kepala Bidang Tata Lingkungan Sardiyono Pimpin Rapat Validasi KLHS PK- RT/RW Kota Pangkalpinang

Pangkalpinang-Rapat Validasi KLHS PK-RT/RW Kota Pangkalpinang di Ruang Rapat Dinas Lingkungan Hidup Prov. Kep. Babel, Rabu ( 5/2/20) dipimpin oleh Kepala Bidang Tata Lingkungan  H. Sardiyono, SKM, MKM. Rapat tersebut dihadiri Tim Validasi Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Kab/ Kota Provinsi Kep. Babel Tahun 2020.

Sardiyono mengatakan bahwa persoalan lingkungan hidup semakin tidak dapat dipandang remeh karena semua hal berkaitan dengan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS). KLHS digunakan untuk merencanakan dan mengevaluasi kebijakan, rencana atau program yang akan atau sudah ditetapkan.

Adapun dokumen KLHS merupakan hasil kerjasama seluruh anggota kelompok kerja (Pokja) KLHS dan juga seluruh komponen masyarakat yang terlibat dalam proses FGD dan uji publik dokumen KLHS diharapkan dapat berkontribusi dalam mewujudkan keinginan masyarakat Indonesia untuk menjalankan transformasi peradaban masyarakat menuju kehidupan yang lebih adil,  damai, sejahtera dan berkelanjutan.

Sementara Kasi Perencanaan Lingkungan Hidup, Edwin Setiady menjelaskan  Isi kegiatan KLHS nantinya akan banyak digunakan untuk Forum Group Discussion (FGD) yang membahas isu-isu pembangunan yang ada di wilayah Kota Pangkalpinang  dimana isu lingkungan kota Pangkalpinang diantaranya kerusakan dan pencemaran lingkungan, rawan bencana banjir, persampahan, kuantitas dan kualitas lingkungan hidup, ketersediaan air, kualitas air bersih, tambang illegal.

Dalam penyusunan kebijakan, rencana atau program, KLHS digunakan untuk menyiapkam alternative penyempuraan kebijakan, rencana atau program agar dampak dan resiko lingkungan yang tidak diharapkan dapat diminimalkan, sedangkan dalam evaluasi kebijakan, rencana dan program, KLHS digunakan untuk mengiddentifikasi dan memberikan alternative penyempurnaan kebijakan, rencana dan program yang menimbulkan dampak dan resiko negative terhadap lingkungan”, ujar Edwin.

Sumber: 
DLH
Penulis: 
Ratna
Fotografer: 
Ratna
Bidang Informasi: 
DLH