Dora : Satukan Persepsi dan Metode Dalam Perhitungan IKLH

Pangkalpinang-Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Babel Dora Wardani, ST mengajak DLH Kab/ Kota untuk menggali informasi yang bisa diterapkan di daerah dan memiliki satu persepsi dalam metode perhitungan IKLH sehingga nilainya tidak jauh berbeda. Hal tersebut diungkapkan pada saat workshop kegaiatan penyusunan IKLH di ruang rapat kantor Dinas Lingkungan Hidup Babel, rabu (12/2/20).

Dengan adanya kegiatan ini bisa menghasilkan data yang akurat, tepat walaupun dana yang terbatas. Adapun tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan informasi kepada para pengambil keputusan di tingkat pusat dan daerah tentang kondisi lingkungan di daerah sebagai bahan evaluasi kebijakan pembangunan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan dan Sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada publik tentang pencapaian target program-program pemerintah di bidang pengelolaan lingkungan hidup.

Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) menggambarkan kondisi lingkungan hidup yang difokuskan pada media lingkungan air, udara dan tutupan lahan. IKLH juga dapat digunakan untuk mengevaluasi kinerja program perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Untuk tahun 2018 provinsi Bangka Belitung memperoleh nilak IKLH sebesar 67,68.

Penyempurnaan perhitungan IKLH terus dilakukan termasuk didalamnya menambah titik-titik pemantauan sehingga data pemantuan yang dihasilkan menjadi lebih akurat, “ungkapnya.

 

Sumber: 
DLH
Penulis: 
Ratna
Fotografer: 
Ratna
Bidang Informasi: 
DLH