Destinasi Wisata Baru Pulau Anggrek" Elsye Lestari"

Tanah bawah- Dalam rangka peringatan hari cinta Puspa dan satwa Nasional Tahun 2020 diresmikan pulau anggrek "Elsye Lestari" sebagai destinasi wisata baru yang terdapat di sungai upang desa tanah bawah kec. Puding Besar.

Kegitaan tersebut diresmikan oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Roesman didampingi Wakapolda Babel, Wabup Bangka, GM PLN, Dinas Kehutanan Babel , Dinas Lingkungan Hidup Babel, Camat Puding Besar, Camat Tanah bawah, Komunitas Salam upang dan keluarga almarhumah Hj. Elsye Taufik Rani.

Gubernur Kep. Babel, Erzaldi menginginkan kawasan ini terus dikembangkan dan dijaga kelestariannya sehingga tidak menutup kemungkinan akan banyak orang yang akan berkunjung di pulau anggrek "Elsye Lestari". Dan pengunjung di pulau anggrek "Elsye Lestari" ini harus berkontribusi dalam bentuk retribusi untuk pemeliharaan lokasi"ungkapnya.

Ia juga berpesan agar kawasan ini dikelola oleh yayasan Bangka Flora Society bukan untuk memiliki tetapi untuk dijaga kelestariannya.

Gubernur Erzaldi juga mengungkapkan wujud kecintaan orang terhadap seseorang dapat diungkapkan dengan tanaman anggrek. Dan ia meminta agar yayasan Bangka Flora Society bekerjasama dengan desa untuk berkoordinasi dengan Pemda Bangka dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung agar segera mengusulkan dan mengeluarkan Surat Keputusan Pulau Anggrek "Elsye Lestari" menjadi kawasan konservasi.

Sementara itu Pembina Bangka Flora Society, Yuli Thulistiyanto mengatakan di pulau anggrek ini sudah terdapat 143 jenis spesies dan yang sudah teridentifikasi sebanyak 76 dan 3 diantaranya sudah dilindungi berdasarkan peraturan pemerintah. Dimana kegiatan ini bertujuan agar kelestarian keragaman spesies yang ada disini tetap terjaga.

Dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup Babel ikut berperan dalam melakukan pembinaan dan mengusulkan kawasan konservasi ini  diajukan untuk ikut dalam program penghargaan kalpataru. 

Untuk itu Kelompok masyarakat Bangka Flora Society mendapatkan piagam penghargaan apresiasi sebagai peserta program penghargaan kalpataru Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Kegiatan konservasi ini mendapat bantuan melalui bantuan CSR PT. PLN melalui program PLN Peduli.

Sumber: 
Bidang P3KLH
Penulis: 
Ratna
Fotografer: 
Ratna
Editor: 
Mega Oktarian
Bidang Informasi: 
DLH