50 Perusahaan di Babel mengikuti Sosialisasi Pengelolaan Lingkungan Hidup

Pangkalpinang-Untuk memahami pentingnya pengelolaan lingkungan hidup, Dinas Lingkungan Hidup Babel menggelar sosialisasi pengawasan pengelolaan lingkungan hidup Tahun 2020 kepada 50 perusahaan di Bangka Belitung di ruang rapat Dinas Lingkungan Hidup Babel, selasa (18/2/2020).

Kepala bidang Pengendalian dan penataan Lingkungan Hidup, Hutriadi, S.Si, M.Sc mengatakan Pengawasan pengelolaan lingkungan hidup sangat penting guna untuk melindungi dan memberikan informasi detail untuk masalah lingkungan kepada perusahaan dan apabila perusahaan mengalami kasus lingkungan kita perbaiki.

Lebih Lanjut Hutriadi menegaskan perusahaan harus memperhatikan masalah mangrove, jangan sampai penggunaan lahan mangrove melebihi 50 persen. Adapun tujuan dilakukan pengawasan ini untuk memantau, mengevaluasi, dan menetapkan status ketaatan penanggung jawab usaha dan atau kegiatan terhadap Kewajiban yang tercantum dalam peraturan perundang-undangan di bidang pengendalian pencemaran dan atau kerusakan lingkungan hidup; Kewajiban untuk melakukan pengelolaan lingkungan dan pemantauan lingkungan sebagaimana tercantum dalam dokumen AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan), atau persyaratan lingkungan yang tercantum dalam izin yang terkait.

Budiman Syahbani, SH, MM Kasi penegakan hukum lingkungan, limbah B3, pengaduan dan penyelesaian sengketa lingkungan hidup mengatakan pada intinya kita sama-sama melakukan kearah yang lebih baik dan Ia menjelaskan sasaran dalam pengawasan adalah mendapatkan data dan informasi fakta-fakta ketaatan pelaku usaha terhadap peraturan lingkungan hidup serta perizinan terkait lingkungan.

Dimana mekanisme pengawasan diantaranya persiapan pelaksanaan kegiatan pengawasan, penentuan target objek pengawasan sesuai izin yang terbitkan, penyiapan koordinasi dan sosialisasi pengawasan, verifikasi lapangan, penyusunan BA dan analis yuridis dan draft SA, penerapan SA dan evaluasi tindak lanjut, "tegasnya.

Sumber: 
DLH
Penulis: 
Ratna
Fotografer: 
Ratna
Bidang Informasi: 
DLH